Sebelum mencari tahu apakah Teorema Pythagoras itu, mari baca kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator pada materi Teorema Pythagoras ini!
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
Kompetensi Dasar
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
Kompetensi Dasar
1. Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga
dan penyelidikan berbagai pola bilangan
2. Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
menyelesaikan berbagai masalah
Indikator
1. Menemukan Teorema Pythagoras
2. Menyatakan Teorema Pythagoras dalam bentuk
rumus
3. Menyatakan apakah tiga bilangan yang diberikan
merupakan Tripel Pythagoras
4. Menghitung panjang sisi ketiga segitiga siku-siku
jika dua sisi diketahui
5. Memecahkan masalah pada bangun datar yang
berkaitan dengan teorema Pythagoras
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan Teorema Pythagoras
2. Siswa dapat menyatakan Teorema Pythagoras
dalam bentuk rumus
3. Siswa dapat menyatakan apakah tiga bilangan yang
diberikan merupakan Tripel Pythagoras
4. Siswa dapat menghitung panjang sisi ketiga
segitiga siku-siku jika dua sisi diketahui
5. Siswa dapat memecahkan masalah pada bangun
datar yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
dan penyelidikan berbagai pola bilangan
2. Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
menyelesaikan berbagai masalah
Indikator
1. Menemukan Teorema Pythagoras
2. Menyatakan Teorema Pythagoras dalam bentuk
rumus
3. Menyatakan apakah tiga bilangan yang diberikan
merupakan Tripel Pythagoras
4. Menghitung panjang sisi ketiga segitiga siku-siku
jika dua sisi diketahui
5. Memecahkan masalah pada bangun datar yang
berkaitan dengan teorema Pythagoras
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan Teorema Pythagoras
2. Siswa dapat menyatakan Teorema Pythagoras
dalam bentuk rumus
3. Siswa dapat menyatakan apakah tiga bilangan yang
diberikan merupakan Tripel Pythagoras
4. Siswa dapat menghitung panjang sisi ketiga
segitiga siku-siku jika dua sisi diketahui
5. Siswa dapat memecahkan masalah pada bangun
datar yang berkaitan dengan teorema Pythagoras